top of page
  • Reza Kurniawan

Mempengaruhi Perilaku Audience dengan Komunikasi Pemasaran



Tujuan utama dari komunikasi pemasaran atau promosi adalah untuk mencapai beberapa audience untuk mempengaruhi perilaku mereka. Ada beberapa langkah perantara dalam mencapai tujuan tersebut, seperti membangun perilaku konsumen yang menguntungkan. Oleh sebab itu, sekarang sudah banyak digital agency yang menawarkan jasa social media marketing yang membantu mengelola dan mengoptimalkan pemasaran di media sosial.Buku Marketing Principles and Perspectives menjelaskan tujuan utama dari komunikasi pemasaran ini sebagai berikut (Bearden, Ingram , & La Forge, 2004, hal. 375-378):


1) Remiding

Ketika konsumen menyadari merek perusahaan dan memiliki perilaku yang positif terhadapnya, mengingatkan patut dilakukan. Meskipun konsumen mungkin membeli seluruh produk, mereka masih muda terpengaruh pada kemunculan pesaing. Komunikasi pemasaran atau promosi dapat meningkatkan konsumen akan manfaat produk dan meyakinkan mereka telah membuat keputusan yang tepat.


2) Informing

Menginformasikan kepada target pasar tentang keunggulan, perbedaan, fungsi dan apa saja yang menyangkut produk tersebut dengan melakukan komunikasi pemasaran. Setiap saat sebuah produk baru diluncurkan dan dipromosikan, komunikasi pemasaran memberikan informasi kepada audiens atau target pasar tentang produk tersebut. Bahkan, saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan jasa social media marketing untuk membantu mengelola pemasaran di media sosial.


3) Persuading

Komunikasi pemasaran atau promosi yang dilakukan oleh produsen kepada target pasar akan berkonsentrasi untuk mempengaruhi konsumen untuk membeli apa yang ditawarkan produsen ke pasar.

3 views0 comments
bottom of page